Kita Sederhana Membangun Bisnis Lewat Sosial Media

Membangun Bisnis lewat Sosial Media

Sosial Media sudah menjadi salah satu platform yang banyak sekali digunakan para pengguna ponsel pintar di era digital saat ini. Mereka menggunakan Sosial Media untuk bisa berinteraksi dengan para pengguna lain, atau bahkan membagikan sebuah foto dan video, di platform tersebut.

Tentunya, hal ini menjadi salah satu tren yang banyak diminati oleh para kaum milenial saat ini. Baik itu Facebook, Twitter, atau bahkan Instagram, semua platform tersebut bisa menjadi salah satu wadah untuk membuat mereka mendapatkan banyak followers, lewat visual konten yang mereka bagikan.

Terlepas dari itu semua, peran Sosial Media juga kerap dimanfaatkan oleh para pebisnis, untuk mempromosikan produk mereka. Baik lewat Visual Konten, atau bahkan menggunakan Strategi Marketing di ear digital saat ini.

Adapun kiat yang bisa dilakukan para pebisnis, untuk mempromosikan brand atau bahkan produk mereka masing-masing.

 

1. Buat Profile Brand atau Produk kalian secara Detail

Dengan menggunakan sosial media seperti instagram, kalian bisa membuat sebuah profile brand kalian lebih menarik, dan mendapatkan perhatian dari para pengguna sosial media sendiri.

Gunakan foto profile yang menarik, mengisi bio dengan keterangan yang jelas, dan dilengkapi dengan visual konten berupa foto atau video yang berkaitan dengan brand kalian.

Langkah ini bisa menjadi salah satu cara sederhana dalam meningkatkan insight dari para calon followers, atau bahkan calon konsumen.

 

2. Gunakan Caption yang Menarik dan Deskriptif

Siapa sangka, peran Caption dalam sebuah post foto di instagram, mampu menarik minat para konsumen dalam melirik produk kalian.

Dengan mengisi Caption Section dengan kalimat yang memberitahukan tentang produk kalian secara unik, tentunya akan meningkatkan rasa penasaran dari para calon konsumen produk kalian.

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan mengenai Produk kalian secara gamblang atau jelas. Seperti misalnya Harga, Jenis bahan yang digunakan, Ukuran, dan juga Kontak (jika di perlukan).

 

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Selain menggunakan Caption, kalian juga bisa menggunakan hashtag yang relevan dengan produk yang kalian jual. Hal ini bisa meningkatkan engagement dan insight daripada produk yang kalian jual.

Jangan sembarang menggunakan hashtag yang tidak relevan dengan produk yang kalian jual. Hal ini bisa menyebabkan kalian tidak mendapatkan followers atau bahkan audience yang tertarget.

 

4. Gunakan Fitur Digital Ads

Selain melakukan promosi dengan visual konten, kalian juga bisa menggunakan fitur Digital Ads yang ada di tiap platform berbeda. Tentunya hal ini membantu kamu dalam mendapatkan audience yang tertarget, dari demographic yang tersedia.

Pastikan ketika menggunakan Digital Ads, kalian sudah menggunakan strategi konten visual yang menarik, tentunya untuk menarik minat pelanggan dalam melihat produk kalian.

 

5. Lakukan Interaksi kepada Calon Konsumen, ataupun Followers

Langkah terakhir, kalian harus membuat sebuah kemistri atau keterlibatan antara pebisnis, dan juga followers. Hal ini berguna untuk meningkatkan sosial share secara organik daripada profile yang kalian bangun.

Jika mungkin ada calon konsumen yang meninggalkan komentar atau mengirimi kalian pesan di platform sosial media, balaslah komentar dan pesan tersebut. Hal ini bertujuan agar calon konsumen atau followers mendapatkan keterkaitan atau engagement yang lebih.

 

Akhir Kata

Peran Sosial Media dalam mengembangkan bisnis yang kalian bangun, bisa menjadi sangat penting. Untuk itu, pahami terlebih dahulu bagaimana Sosial Media bekerja, baik dari segi algoritma nya, ataupun dari segi Visual Konten yang baik.

Pin It on Pinterest