Kiat Menjaga Baterai Laptop agar Tidak Mudah Bocor

Kiat Menjaga Baterai Laptop agar Tidak Mudah Bocor

Laptop adalah salah satu perangkat penting yang sering kali digunakan didalam dunia kerja, kuliah, atau bahkan aktivitas lainnya.

Selain karena mudah untuk dibawa kemana-mana, Laptop juga terbilang cukup efisien untuk membantu pekerjaan yang mengharuskan menggunakan laptop kapanpun, dan dimanapun.

Tentunya hal ini tidak terlepas daripada spesifikasi yang dimiliki laptop itu sendiri. Baik dari tipe Processor, Hard Disk, RAM, dan juga Kapasitas Baterai laptop itu sendiri.

Dan yang sering menjadi masalah bagi pengguna Laptop, adalah daya baterai yang cepat habis. Baik karena bocor, atau bahkan tidak bisa menyala dengan sempurna apabila tidak terhubung dengan charger laptop itu sendiri.

Tentunya hal ini menjadi salah satu kendala bagi mereka yang menggunakan Laptop sebagai kebutuhan utama mereka. Namun, hal ini sebenarnya bisa di cegah dengan beberapa cara sederhana untuk menjaga Baterai Laptop agar lebih awet, seperti

 

1. Berhenti Menggunakan Laptop dalam Jangka Waktu Lama dalam Kondisi Mengisi Daya

Berbeda dengan komputer Desktop. Laptop masih harus bergantung pada baterai dan juga Charger yang dimilikinya. Tentunya hal ini sering kali menjadi sebuah faktor yang menyebabkan baterai laptop cepat bocor.

Kenapa bisa terjadi hal seperti itu? Sebab, ketika seorang pengguna Laptop mengetahui baterai nya akan habis, mereka akan buru-buru menghubungkan laptop dengan Charger laptop mereka, sampai tidak sadar bahwa baterai nya sudah penuh, namun masih saja terus mengisi daya.

Hal ini bisa membuat kapasitas baterai laptop yang harus nya terisi cukup, menjadi berlebihan dan menyebabkan kebocoran pada Baterai Laptop yang kalian miliki.

 

2. Gunakan Laptop Sewajarnya

Sama seperti nomor 1 tadi, jika dirasa baterai sudah menyentuh angka 100% atau sudah terisi secara full, kalian bisa melepas Charger laptop kalian, dan menggunakan Laptop tanpa terhubung dengan charger.

Apakah cara ini aman? Iya, cara ini sangat aman. Tak masalah jika kalian menggunakan Laptop dengan kondisi baterai yang terus berkurang, ini sangat wajar.

Kalian bisa menggunakan Daya Baterai yang ada, sampai benar-benar masuk kedalam mode battery saver, atau muncul bahwa baterai kalian sudah low dan harus di isi kembali daya nya.

 

3. Gunakan Mode Battery Saver

Laptop saat ini, sudah dilengkapi dengan fitur battery saver, yang mana processor akan mengatur bagaimana baterai dapat membagi dayanya agar menjadi lebih awet dan juga stabil.

Baik dari mengatur brightness menjadi lebih rendah, atau bahkan menghentikan prosess Background Apps pada sebuah laptop. Tentunya hal ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang mungkin lupa membawa Charger laptop.

 

4. Jangan Menggunakan Laptop ketika Masuk dalam Mode Critical Low Battery

Sama seperti Smartphone, ketika daya baterai sudah masuk masa warning atau sangat lemah, tentunya kalian harus menghubungkan charger agar laptop kembali mengisi daya bukan?

Nah, di saat inilah, kalian harus bisa mengatur waktu penggunaan laptop. Biarkan laptop mendapatkan daya pengisian yang cukup dan maksimal. Hal ini bertujuan agar baterai tidak mengalami kerusakan dari banyaknya aktivitas yang dilakukan, ketika mengisi daya baterai.

 

Akhir Kata

Itu dia beberapa kiat singkat dan sederhana yang bisa kami bagikan, untuk menjaga baterai laptop agar lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah bocor. Semoga bisa menjadi salah satu referensi bagi kalian.

Pin It on Pinterest