Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Di era Digital saat ini, banyak para pekerja dan juga palajar yang membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas mereka. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu hal penting, bagi sebagian orang juga tentunya.

Laptop atau yang lebih di kenal dengan komputer jinjing, memang sangat efisien untuk mereka yang menyukai kemudahan dalam mengaksess beberapa aplikasi yang mereka butuhkan.

Dengan menggunakan Laptop, kita bisa mengerjakan berbagai macam tugas multimedia di manapun kita berada. Baik di kantor, di cafe, atau bahkan di luar tempat kerja. Tentunya ini memberikan kemudahan tersendiri bagi mereka.

Selain karena bisa dibawa kemana saja, harga laptop juga terbilang cukup terjangkau. Sehingga hal ini menjadi salah satu perangkat yang banyak di minati oleh sebagian orang.

Namun, ternyata masih banyak calon pengguna laptop yang merasa bingung untuk memilih laptop yang akan mereka gunakan. Baik dari segi kebutuhan, atau bahkan harganya.

Dan kali ini kita akan membahas, kiat sederhana dalam memilih laptop, untuk kebutuhan.

 

1. Perhatikan Spesifikasi

Laptop sendiri memiliki banyak komponen yang bekerja saling berhubungan antara satu sama lain. Adapun beberapa komponen yang paling penting didalam sebuah Laptop, adalah processor atau otak dari Laptop itu sendiri.

Untuk itu, kalian bisa memperhatikan Spesifikasinya terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli laptop untuk memenuhi kebutuhan kalian. Seperti :

  • Processor (Otak dari Laptop itu sendiri)
  • Kapasitas Penyimpanan (Hard Disk)
  • Kapasitas Memori (RAM)
  • Graphic Card (VGA)

Pastikan kalian mengetahui kebutuhan kalian untuk menggunakan laptop. Sebab semakin besar kebutuhan kalian, spesifikasi yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

 

2. Tentukan Budget

Harga Laptop sendiri sebenarnya beragam, semua kembali lagi kepada kebutuhan dan spesifikasi masing-masing nya. Semakin tinggi Spesifikasi yang dibutuhkan, maka semakin besar juga budget yang harus dikeluarkan.

Untuk itu, kalian bisa mencari laptop-laptop dengan spesifikasi menengah, dengan harga yang masih terjangkau. Ini bisa menghemat pengeluaran kalian, loh.

 

3. Mencari Informasi Seputar Service Center atau Vendor Laptop

Hal ini sebenarnya berkaitan erat dengan Merk dari laptop itu sendiri. Sebelum membeli laptop, pastikan kalian sudah mencari informasi lebih lanjut untuk Service Center atau Vendor daripada merk laptop itu.

Untuk apa? Agar kalian bisa lebih mudah mengunjungi Service Center dari Merk laptop yang kalian gunakan, jika sewaktu-waktu terdapat error ataupun kerusakan berat.

 

4. Memperhatikan Kualitas Operating System

Operating System atau OS pada laptop, merupakan salah satu Interface ataupun System daripada Laptop yang akan kita gunakan.

Kadangkala kita sering kali mendapati laptop dengan kualitas OS yang ternyata masuk dalam kategori ‘buruk’. Baik itu dengan menggunakan OS bajakan, atau bahkan sering kali terjadi Corrupt ketika kita menggunakannya.

Untuk itu, kamu bisa bertanya-tanya kepada sales laptop, dan memintanya untuk memperlihatkan bagian spesifikasi dari Operating System yang digunakan.

Ini sangat berguna untuk menunjang aktivitas dan compability pada sebuah aplikasi yang nantinya akan berjalan di laptop kamu.

 

Akhir Kata

Membeli laptop sesuai kebutuhan, tentunya bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan laptop yang mampu menunjang kebutuhan kita, dengan harga yang masih terjangkau juga. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara cermat untuk lebih cerdas dalam mengatur keuangan.

Pin It on Pinterest